Sports Week: Play Ball!

Yahoo~ minggu minggu ini adalah minggu-minggu olahraga. Jadi konten post ini juga harus bertemakan olahraga *latah mode: on*. Aku belom cerita tentang olahraga kesukaanku ya? Hmm tebak dulu aja~ Sepeda? bukan…. Voli? gak bisa aku… Bola? sedikit bener tapi ada yang lebih aku suka lagi. Olah raga ini jarang banget dimainin karena lapangannya gak begitu banyak dan “membahayakan” yaitu kasti/baseball/softball! Aku suka nih olahraga soalnya aku punya game baseball, namanya backyard baseball. Dari situ keliatan banget serunya maen baseball… Lalu pas aku SD aku kenal yang namanya kasti. Dan sekarang ini, aku baru aja kenalan ama softaball. Pasti kalian bingung apa beda dari ketiga permainan ini. Oke aku jelasin!

Kasti

Permainan yang sering dimainin di SD. Bedanya ama yang lain, kalo dikasti kita boleh mukul pake 1 tangan soalnya bat (tongkat buat mukul)nya lebih pendek dibanding base/softball. Bolanya juga beda…. biasanya sih pake bola tenis. perbedaan yang paling mencolok diantara kedua permainan lainnya ialah, kalo kasti kita gak make glove (sarung tangan). Kita nangkepnya murni pake tangan. Cara membuat lawan “mati” atau out pun beda dalam permainan ini. Kita butuh melempar bola yang udah ditangkep ke runner (pemain yang lagi lari). Tapi jangan kena kepala, soalnya sakit.

Baseball

Kalo di baseball, kita boleh pake glove dan ada istilah baru namanya Ball. Ball itu disaat bola tidak tepat di strike zone (dari lutut nyampe leher kalo gak salah). Kalo udah ball 4 kali, kita boleh jalan ke base selanjutnya tanpa di out-in. Bedanya ama kasti, cara nge outnya. Kalo di kasti kita ngegebok orang, kalo disini kita ngoper bola ke orang yang jaga di sebuah base (pos). Kalo orang duluan yang nyampe ke base, berarti orang itu aman (safe). kalo sebaliknya, bola duluan yng nyampe ke orang yang jaga base, itu artinya si runner MATI.Biasanya di permainan baseball (dan softball) yang mukul pake helm. Bukan karena takut ditilang polisi, melainkan untuk berjaga-jaga kalo bola yang dilempar si pelempar (pitcher) itu mengenai kepala. Bola yang mengenai badan dinamakan dead ball. Kalo kena deadball kita boleh jalan kek 4 kali ball. Enak sih tapi sakit. Baseball memperbolehkan kita untuk lari dari base 1 ke base yang lain sebelum bola dilempar. Curang tapi itu hal paling susah.

Softball

Gak jauh beda ama baseball. cuma beda bola ama lapangannya. Lapangannya jauh lebih kecil dibanding baseball yang gedenya banget bangetan. Tapi bolanya lebih gede. Dan kalo di softaball, kita boleh ngelempar dari bawah (lowerhand). Kalo baseball mah kejam, pake upperhand semua jadinya begitu…. Jumlah rondenya juga beda. kalo Baseball 9, sedangkan softball 7. Oh ya, kalo softball kita boleh berduaan di 1 base. maksud berduaan itu diem di base yang sama karena gak sempet lari. Tapi, kalo ada orang ketiga di base itu gak bolehšŸ˜›

Glove para pemainnya gak semuanya sama. Glove para pemain dibuat beda untuk memudahkan para pemain itu sendiri.

Catcher’s Mitt

Dikatakan Mitt karena sarung tangan ini gak menyerupai jari. Kayak sarung tangan musim dingin atau yang buat ngeluarin kue dari oven. Mitt catcher dibuatĀ  lebih beda dibanding sarung tangan lainnya karena catcher lebih sering menangkap bola yang dilempar ama pitcher. Cara make mitt ini juga beda, biasanya kan megangnya secara vertikal, kalo catcher secara horizontal dan pake dua tangan buat megang sarung tangan ini. Kalo udah ahli sih 1 tangan juga bisa.

First Baseman’s Mitt

Mitt juga, artinya ya itu tadi, ga berbentuk jari. Kenapa mitt? soalnya base 1 juga lebih sering nangkep bola dibanding yang lain. Orang kalo abis mukul kan ke base 1, jadi base 1 harus lebih dulu menangkap bola sebelum yang mukul nyampe di base dia. Selain itu, mitt base 1 juga memudahkan menangkap lemparan “jelek” dari outfielder dan infielder lainnya.

Infielder’s Glove

Infielder terdiri dari first baseman, second baseman, shortstop, third baseman dan terkadang pitcher ama catcher juga termasuk. Glove ini lebih kecil dari mittnya si first baseman. Disebut glove soalnya menyerupai tangan. Gunanya buat nangkep bola

Outfielder’s Glove

Outfielders adalah yang nungguin bola di luar persegi base. Mereka lebih sering nganggur. Left fielder, center fielder, dan right fielder dibutuhkan kalo si pemukul mukulnya udah ngelewatin persegi base. Jadi bolanya melambung sangat tinggi. Karena bola yang ditangkap para outfielder tinggi, glove yang dipake para outdifielder mempunyai jaring yang lebih lebar. dan tempat buat tangannya jauh lebih lebar dibanding infielder.

Pitcher’s Glove

Glove paling bikin aku ngiler ini… Glove ini lebih ramping dibanding glove lainnya, dan jaringnya lebih rapat. Fungsinya sih samaan ama yang infielder, buat nangkep bola. Mungkin dibuat lebih ramping biar yang mukul gak tahu bola apa yang dikeluarin si pitcher.Rasakan kejutan lemparan pitcher hanya di baseball dan softball.

Yak, selesai sudah ulasan olahraga olehkuuuu… Rencananya ntar sabtu atau minggu aku mau nonton lomba sepeda velodrome di Rawamangun :3 Jadi, mungkin aku bakal ngulas sepeda velodrome kek gimana. Oh ya, ngomong-ngomong seagames, di Rockto aku nemu gambar lucu yang memalukan

Congratulation Afternoon

Panahnya nunjuk ke langit sih, kalo nunjuk ke saya jadi "Water Sheby" dong?

Oke, sekian dari saya, sampai jumpa minggu depan~ Moi moi~

About Evania Shabrina

Cuma anak "kecil"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: