It’s A HOAX!

Wah! udah lama ya! aku gak nge update nih blog! (tanda orang malas) Kalo gitu, sekarang aku mau mengangkat sebuah… er… apa ya? HOAX!
Pasti diantara kalian ada yang gak mengerti apa itu hoax, kayak apa hoax itu, dan ciri-ciri hoax. Kali ini, aku akan menjelaskan secara rinci apa itu hoax. Ssst…. ini juga salah satu pengalamanku looo! Pembukaannya, aku cerita dulu deh! Jadi, tanggal 9 september 2009 yang lalu-lalu, aku dapet pesan di Facebook. Pesan itu berasal dari Anggita-oneechan, dan MUSTI DIBACA!

Akhirnya, aku klik ntuh surat dan membaca surat itu. Ah, kalo aku ceritain suratnya ntar postingan ini kepanjangan! Kalo gitu…. kalian liat disini aja deh!
Aku kan jadi takut ya, kalo gak ngirim ke 20 orang bakalan sial! Karena takut, aku berkomentar kalo ini hoax. Tapi, kalo cuma ngomong “PERTAMAX! It’s a Hoax dude” doang sih kagak ada buktinya! Aku langsung keliling mbah google untuk mencari surat serupa dan ada kata-kata hoax-nya. dengan keyword “Hoax nabawi”, aku menemukan buntelan pembuktian kalau ntuh surat adalah hoax. Lagipula, kalo kita teliti lagi. Kesialan dan Keuntungan ada ditangan yang diatas! bukan dari surat elektronik, SMS, ataupun selebaran (ini surat udah lama banget!) Hah? kalian pengen liat skrinsyutnya? gile lu! kasian ah! ini untuk menjaga privasi!

Pengertian HOAX
Apa itu hoax? Hoax adalah berita bohong / pemberitahuan bohong yang dapat menyesatkan /menipu orang. Hoax itu bisa menyebabkan orang takut dan terpengaruh terhadap berita yang diisampaikan. Hoax beredar dari mana saja! seperti  Facebook, Friendster, Forum, E-mail, bahkan SMS! (dari Wikipedia dan Thread Kaskus dengan beberapa perubahan)

Seperti apa HOAX + Ciri-ciri itu?
Kira-kira… hoax itu

  • topiknya nyeleneh. Kayak: “cermin di toilet cewek” “jangan main mandi bola”
  • Lalu ada penjelasan-penjelasan ilmiah, fisika, dan juga biologi!
  • Pake ada solusinya lagi! kayak: “sentuhlah jari ke cermin untuk mengetahui dua arah atau bukan” (yang mandi bola aku gak tahu solusinya)
  • Bahkan ada “mantra”-nya! “sebarkanlah berita ini untuk berjaga-jaga agar tidak menimpa orang yang anda sayangi”
  • Tambahan bagi para jempol gesit (hobi SMS): biasanya, hoax untuk SMS ujung-ujungnya pasti ngirim ke orang lain (forward / teruskan) dengan angka yang relevan seperti 10, 20, 5, 15.

(dari Thread Kaskus)

Kira-kira segini cukup! Kagak ada gambar! menjaga privasi dari surat tersebut😛

About Evania Shabrina

Cuma anak "kecil"

One response to “It’s A HOAX!”

  1. ILYAS AFSOH says :

    hemmmmmmmm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: