10 Berita Heboh di tahun 2008 Versi Times Magazine

1. Krisis moneter di AS akibatkan merosotnya ekonomi global
Setelah pemerintah Amerika Serikat mengambil alih hak kendali atas dua perusahaan kredit perumahan raksasa yakni Fannie Mae dan Freddie Mac, krisis yang dialami oleh bank investasi ke–4 terbesar AS yakni Lehman & Brothers pun mulai mencuat ke permukaan, setelah investasi yang dilakukan oleh Lehman & Brothers mengalami kegagalan, dan tidak tercapai kesepakatan dalam negosiasi akuisisi, Lehman pun mengajukan permohonan perlindungan kebangkrutan, sehingga mengakibatkan tsunami ekonomi global.

2. Obama terpilih sebagai Presiden AS

Dalam pemilihan presiden AS November lalu Obama berhasil mengalahkan rivalnya Mc Cain. Obama lahir di Honolulu, Hawaii 4 Agustus 1961. Tahun 1996, Obama mulai terjun di dunia politik. Februari 2007, Obama secara resmi mengumumkan pencalonan dirinya dalam pemilihan presiden AS 2008. Tidak sedikit pakar yang menilai positif pencalonan diri Obama ini, ada orang yang bahkan mengibaratkan Obama sebagai Kennedy generasi baru, muda dan berbakat, yang akan membawa suatu era yang baru bagi AS.

3. Serangan teroris di Mumbay

Malam 26 November teroris melakukan serangan terornya di berbagai pelosok kota Mumbay. Pada 2 Desember, pihak kepolisian India menyatakan bahwa serangkaian serangan teroris tersebut telah mengakibatkan 188 orang korban tewas, dan 313 orang terluka, namun ada sejumlah pejabat yang mengatakan bahwa jumlah korban tewas yang sesungguhnya akan jauh lebih banyak.

4. Kasus serangan bom di Islamabad, Pakistan

20 September pukul 8 malam waktu setempat, di pusat kota Islamabad, ibukota negara Pakistan, tepatnya di Hotel Marriot telah terjadi ledakan dasyat, pejabat kepolisian Pakistan mengatakan, peristiwa ini telah mengakibatkan 60 orang tewas dan 200 lainnya luka – luka, namun stasiun TV Geo setempat memberitakan bahwa jumlah korban tewas mencapai 100 orang, dan di antaranya Dubes Chekoslovakia untuk Pakistan pun ikut menjadi korban dalam peris-tiwa serangan teroris ini.

5. Aksi bajak laut Somalia
Somalia terletak di dekat jalur pelayaran internasional Terusan Suez, sementara aksi bajak laut di negara tersebut yang terjadi sepanjang tahun ini sangat brutal, terhitung di Teluk Altin saja sudah terjadi hampir 100 kasus serangan bajak laut.

6. Perseteruan bersenjata terjadi di wilayah Kaukasus
Dini hari 7 – 8 Agustus, pemerintah Georgia melancarkan serangan militer mendadak, hendak merebut wilayah Ossetia Selatan yang dikuasai oleh kaum separatis. Rusia memanfaat kesempatan ini untuk mengirimkan pasukan dalam jumlah besar, dan melakukan serangan balik bagi wilayah Ossetia Selatan, sekaligus juga melakukan serangan udara terhadap wilayah tersebut dan wilayah Georgia lainnya, dan segera dapat menguasai wilayah tersebut, Rusia telah mengakui kemerdekaan Ossetia Selatan dan Abkhazia Tindakan Rusia ini telah mendapat kecaman keras dari negara – negara Barat anggota Uni Eropa.

7. Kasus susu bubuk beracun Tiongkok
Pagi 11 September, untuk pertama kalinya dinas kesehatan Propinsi Gansu mengumumkan gagal ginjal pada 59 pasien balita di propinsi tersebut, dan terdapat 1 bayi meninggal dunia, yang diakibatkan karena telah mengonsumsi susu bubuk beracun dari 1 merek yang sama. Kemudian disusul oleh Propinsi Hunan, Hubei, Shandong, Shanxi, Anhui, Jiangxi, Jiangsu, dan juga Henan juga terjadi kasus penyakit yang sama. Merebaknya kasus susu bubuk beracun Tiongkok ini, juga dijuluki dengan kasus “9-11” untuk industri susu bubuk di Tiongkok. 1 Desember Departemen Kesehatan Tiongkok mengeluarkan pengumuman, sejak 27 Nopember pukul 8, di seluruh Tiongkok sebagai akibat konsumsi susu Sanlu dan merek lainnya yang bermasalah telah menyebabkan kurang lebih 290.000 bayi telah timbul kelainan pada sistem urinear.

8. Revolusi Kuba perlahan dimulai

9. Korban Sandera Kolumbia Mendapat Pertolongan

Mantan anggota dewan wanita bernama Consuelo Gonzales dan politikus wanita bernama Clara Rojas yang telah bertahun – tahun disandera oleh kelompok gerilyawan yang menamai dirinya “Kekuatan Revolusi Bersenjata Kolumbia” akhirnya dibebaskan di daerah selatan Kolumbia.

10. Bencana alam gempa bumi Sichuan

Seringnya terjadi bencana alam akibat ulah manusia di Tiongkok, tingkat destruktif paling parah adalah gempa dahsyat “12 Mei” di Sichuan. Demi melindungi Pesta Olimpiade, penguasa PKC telah menutupi peringatan sebelum gempa yang telah diperkirakan dengan tepat sebelum bencana terjadi, menurut statistik pihak PKC, korban tewas dalam bencana tersebut adalah 80.000 ribu jiwa lebih, di antaranya korban murid sekolah mencapai puluhan ribu jiwa. Menurut perhitungan, korban meninggal sesungguhnya jauh di atas angka yang diumumkan tersebut.

Harusnya yang nomor 1 itu penyerangan Israel ke Palestina….

About Evania Shabrina

Cuma anak "kecil"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: