Fakta-fakta Nokia

Mau tahu fakta-fakta nokia??? lihat saja dibawah ini

1. Kartu GSM komersial pertama dibuat pada tahun 1991 di Helsinki (Finlandia) melalui jaringan suplai Nokia, oleh Perdana Menteri Finlandia, yaitu Harri Holkeri yang menggunakan ponsel Nokia

2. Nokia merupakan pembuat kamera terbesar di dunia, pada setiap penjualan kamera yang dipakai telepon selular melebihi cara biasa yang digunakan oleh pembuat kamera. Saat ini Nokia diakui sebagai perusahaan manufaktur kamera digital terbesar di dunia karena penjualan ponsel berkameranya selalu memenuhi target lebih daripada perusahaan manufaktur kamera lainnya.

3. Tidak seperti produk modern yang lain, ponsel Nokia tidak secara otomatis memulai call timer saat dihubungkan, tetapi saat percakapan dimulai.

4. Nama kota Nokia berasal dari dari sungai yang mengalir melalui kota. Sungai tersebut, Nokianvirta, dinamai seperti kata lama Finlandia yang berarti cerpelai, cemara pine marten. Spesies binatang pemangsa ini yang berbulu hitam yang kecil pernah ditemukan di daerah tersebut, tetapi sekarang punah.

5. Pelafalan kata “Nokia” dalam bahasa Finlandia, lebih ditekankan pada huruf konsonan pertama dan vokalnya diucapkan secara pendek. Namun bahasa Inggris versi Amerika mengucapkan kata “Nokia” dengan memberi penekanan pada huruf konsonan yang berada di tengah.

6. Nada dering “Special” yang ada di setiap ponsel Nokia untuk menerima pesan SMS, sebenarnya adalah kode Morse untul “SMS”. Selain itu, nada dering SMS “Ascending” sesungguhnya adalah kode Morse yang artinya “Connecting People”, yang kini dijadikan slogan Nokia. Nada dering SMS “Standard”, juga merupakan kode Morse untuk huruf “M” yang berarti Message atau pesan.

7. Nada dering “Nokia Tune” sebenarnya diambil dari permainan gitar “Gran Vals” seorang musisi Spanyol bernama Fransisco Tarrega. Pada awalnya nada dering “Nokia Tune” bernama “Grande Valse”, namun pada tahun 1998, ketika semua orang sudah mulai mengenal Nokia, maka orang-orang lebih senang menyebutnya “Nokia Tune”.

8. Kadangkala Nokia disebut juga dengan “Aikon” (kebalikan dari huruf Nokia) oleh para pengguna ponsel non-Nokia dan para pembuat software ponsel, karena kata “Aikon” digunakan dalam paket software SDK setiap ponsel termasuk Nokia SDK jenis Symbian seri 60.

9. Nokia juga memberi dukungan pada beberapa acara Alternate Reality Games (ARG) di Eropa sejak tahun 1999 hingga 2005 dengan menjadi sponsor resmi. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mempromosikan produk ponsel-ponselnya sekaligus memperkenalkan format ARG ke seluruh Eropa.

10. Nokia masuk dalam daftar 20 besar perusahaan yang paling diminati di seluruh dunia berdasarkan majalah Fortune tahun 2006 (urutan pertama dalam bidang jaringan komunikasi dan urutan keempat sebagai perusahan non-Amerika).

11. Dalam persaingan pasar ponsel, Nokia merupakan kompetitor terbesar dari Motorola, Sony Ericsson, Samsung, LG, Philips, Kyocera, SAGEM, dsb.

12. Huruf / Tulisan (Font) yang digunakan Nokia adalah AgfaMonotype Nokia Sans yang didisain oleh Eric Spiekermann. Sebelumnya, Nokia menggunakan font jenis Agfa Rotis Sans baik dalam iklan produknya maupun dalam buku panduannya.

13. Terakhir nih, jika anda perhatikan, seluruh model ponsel Nokia yang beredar di kawasan Asia tidak memiliki digit angka 4, karena oleh sebagian besar masyarakat Asia, khususnya tradisi chinese, angka tersebut diyakini membawa kesialan atau hal buruk lainnya.

Tag:

About Evania Shabrina

Cuma anak "kecil"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: